Perusahaan merupakan tempat di mana terjadi kegiatan produksi dan menjadi tempat berkumpulnya segala faktor produksi. Perusahaan ada yang terdaftar di Pemerintah, ada pula yang tidak. Di Indonesia sendiri ada jenis – jenis perusahaan. Berikut ini adalah beberapa jenis perusahaan di Indonesia berdasarkan lapangan usahanya, antara lain :

Perusahaan Agraris

Perusahaan agraris adalah jenis perusahaan yang mengelola sumber daya alam, dan memanfaatkan tanah menjadi lahan yang berdaya guna untuk memenuhi kebutuhan. Contoh dari perusahaan agraris adalah perkebunan, budidaya perikanan, peternakan dan pertanian seperti pertanian padi, kacang tanah, hortikultura, kina, dan sebagainya.

Perusahaan Ekstraktif

Perusahaan ekstraktif adalah salah satu bidang perusahaan di Indonesia yang usahanya adalah mengumpulkan benda – benda atau barang yang tersedia di alam secara langsung. Salah satu contoh dari perusahaan ekstraktif adalah perusahaan pertambangan. Perusahaan pertambangan meliputi usaha menggali dan mengolah barang – barang hasil tambang, seperti batu bara, minyak bumi, nikel, dan timah. Selain perusahaan pertambangan, contoh dari perusahaan ekstraktif adalah penangkapan ikan, pengumpulan rumput laut, pembuatan garam, dan penebangan kayu.

Perusahaan Industri

Perusahaan industri adalah pembagian jenis – jenis perusahaan yang memiliki spesifikasi mengolah bahan mentah menjadi barang jadi atau setengah jadi (bahan baku), atau perusahaan yang mengolah berbagai bahan baku menjadi bahan jadi. Contoh perusahaan industri adalah perusahaan kerajinan kayu / rotan, perusahaan snack atau roti, perusahaan mobil, pupuk, obat – obatan, dan lain – lain.

Perusahaan Perdagangan

Perusahaan perdagangan merupakan perusahaan yang bergerak untuk mengumpulkan dan menyalurkan berbagai barang hasil produksi dari produsen (pembuat) hingga sampai kepada konsumen sebagai penggunanya. Contoh dari perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan adalah usaha pertokoan dan perdagangan ekspor impor berbagai produk.

Perusahaan Jasa

Perusahaan jasa merupakan pembagian jenis – jenis perusahaan yang usahanya adalah menawarkan produk jasa kepada para konsumen dan memperoleh imbalan dari jasa yang telah diberikan. Contoh perusahaan jasa diantaranya adalah jasa bank, asuransi, perusahaan transportasi seperti pengangkutan bus dan kereta api, jasa dokter, penjahit dan sebagainya.

CategoryHukum, Jasa

© 2018 Legals.id

                

Hubungi Kami
web stats