Sebelum Anda memulai bisnis dengan melibatkan Tenaga Kerja Asing (TKA), Anda perlu memperhatikan terkait perizinan dan prosedur keimigrasian, termasuk mengenai KITAS (Kartu Izin Tinggal Sementara) yang harus dimiliki oleh orang asing yang bekerja atau tinggal di wilayah Indonesia dalam waktu yang lebih lama. Di bawah ini merupakan beberapa uraian mengenai KITAS Indonesia :

Apa itu KITAS?

KITAS adalah izin tinggal terbatas yang diberikan oleh pemerintah Indonesia kepada penduduk asing yang memiliki masa berlaku selama 6 bulan sampai satu tahun. Dengan memiliki izin berupa KITAS, penduduk asing dapat tinggal di Indonesia sampai dengan 5 tahun, dengan melakukan perpanjangan izin setiap 12 bulan. Pemerintah Indonesia sendiri memiliki kebijakan memberikan 30 hari gratis visa turis untuk sebagian besar negara di dunia. Namun, bila ingin tinggal lebih lama di Indonesia, KITAS adalah perizinan umum yang harus dipunyai.

Kegunaan KITAS

Kegunaan KITAS (Kartu Izin Tinggal Sementara) adalah sebagai surat izin yang menyatakan kelegalan Anda sebagai pekerja asing di Indonesia. Bila Anda bekerja dalam waktu yang lama di Indonesia, selalu perhatikan kapan Anda harus memperpanjang izin KITAS Anda agar terhindar dari denda ataupun hukuman. Kepemilikan KITAS yang masih berlaku menjamin penduduk asing tetap aman berada di Indonesia.

Mengenal KITAS online

Seiring perkembangan zaman yang semakin canggih dan serba digital, proses pembuatan KITAS pun semakin dimudahkan. Bagi penduduk asing yang akan mengurus KITAS (Kartu Izin Tinggal Sementara), dapat mengurusnya dengan membuat KITAS online. KITAS online memiliki prosedur yang lebih mudah. Anda hanya perlu mengunjungi situs imigrasi di Indonesia dan mengisi kelengkapan data seperti paspor kebangsaan yang masih berlaku, visa bekerja surat penjamin, surat rekomendasi dari kementerian terkait, surat keterangan domisili, dan telah melakukan pembayaran di Bendahara Kantor Keimigrasian. Sistem KITAS online lebih mempermudah dan mempersingkat waktu karena Anda tidak perlu datang ke kantor berkali – kali, dan hanya perlu datang ke kantor pada saat pengambilan foto, pengambilan sidik jari dan pembuatan kartu.

Jenis – jenis KITAS di Indonesia

KITAS di Indonesia memiliki beberapa jenis, antara lain :

  • KITAS Visa Pernikahan. KITAS ini dapat dikeluarkan bagi warga asing yang menikah secara sah di Indonesia. Visa ini bukan visa kerja. Anda hanya diperbolehkan untuk tinggal di Indonesia, bukan untuk izin bekerja.
  • KITAS Izin Kerja. KITAS ini harus disponsori oleh perusahaan yang sudah terdaftar di Indonesia.
  • KITAS Visa Pensiun bisa digunakan bagi warga asing berusia 55 tahun atau lebih yang ingin menghabiskan masa pension di Indonesia.

Dengan adanya berbagai jenis KITAS di Indonesia, pastikan Anda mengurus KITAS Indonesia yang sesuai dengan kebutuhan.

CategoryHukum, Jasa

© 2018 Legals.id

                

Hubungi Kami
web stats