Akta Pendirian Perusahaan merupakan salah satu dokumen penting yang harus dimiliki oleh sebuah perusahaan, apalagi perusahaan berskala besar dengan tingkat produktivitas yang tinggi dan memiliki hubungan kerja dengan instansi pemerintahan. Dokumen akta pendirian perusahaan juga menjadi dokumen penting yang menjadi syarat mengurus dokumen perusahaan lain seperti SIUP dan TDP. Di bawah ini merupakan uraian mengenai Akta Pendirian Usaha dan perizinannya:

Pengertian Akta Pendirian perusahaan

Akta pendirian usaha merupakan dokumen penting yang disahkan oleh notaris terkait pendirian sebuah perusahaan. Dokumen akta berisi identitas lengkap pendiri perusahaan lengkap dengan alamat dan foto, beserta dengan isi kesepakatan dan anggaran modal awal perusahaan. Akta ini tidak hanya digunakan oleh perusahaan kecil seperti CV, akta pendirian usaha juga diperlukan untuk pendirian PT, Yayasan, atau lembaga komersial lainnya.

Dasar hukum Akta Pendirian Perusahaan

Dasar hukum akta pendirian usaha di Indonesia cukup jelas, dan tertuang dalam Undang – Undang No. 40 Tahun 2007, di mana pada pasal 7 dan 8 mengatur mengenai perseroan terbatas. Sementara untuk pembagian saham dan keuntungan yang didapat juga harus diterangkan dalam akta pendirian usaha sesuai dengan UU No. 40 Tahun 2007 pada Pasal 48 ayat (2).

Alasan pentingnya Akta Pendirian Perusahaan

Beberapa alasan pentingnya memiliki Akta Pendirian Usaha diantaranya adalah untuk melegalkan perusahaan di mata hukum oleh Kementerian Hukum dan HAM, dan memberikan kejelasan status kepemilikan usaha yang sah. Hal ini penting untuk menghindari hal – hal tidak diinginkan yang mungkin terjadi di kemudian hari seperti pembelian atau penjualan saham oleh rekanan Anda.

Syarat pembuatan Akta Pendirian Perusahaan

Beberapa syarat untuk membuat akta pendirian usaha antara lain :
• Fotokopi KTP pendiri usaha
• Fotokopi KK penanggung jawab
• Pas foto penanggung jawab
• Fotokopi PBB pada tahun terakhir (bila lokasi usaha merupakan milik pribadi)
• Fotokopi surat sewa / kontrak bila tempat usaha merupakan sewa.
• Surat Keterangan Domisili Perusahaan
• Dan dokumen tambahan lain yang mungkin diperlukan untuk pembuatan akta pendirian perusahaan.

CategoryHukum, Jasa

© 2018 Legals.id

                

Hubungi Kami
web stats