Seperti halnya perorangan yang memiliki surat tinggal atau domisili yang dibuktikan dengan KTP bagi perusahaan pun demikian. Perusahaan harus memiliki tempat yang tetap untuk menjalankan usaha dan dibuktikan dengan adanya Surat Keterangan Domisili Perusahaan (SKDP).

Berikut ini adalah beberapa hal mengenai Surat Keterangan Domisili Perusahaan (SKDP) dan detail perizinannya:

Pengertian Surat Keterangan Domisili Perusahaan

SKDP adalah bukti sah yang menyatakan bahwa ada suatu usaha / perusahaan di wilayah tersebut. Surat Keterangan Domisili Perusahaan ini dikeluarkan oleh Pemerintah tempat usaha / perusahaan tersebut berdiri. Biasanya surat ini dikeluarkan oleh Kelurahan dan atau Kecamatan tempat perusahaan berada. Untuk perusahaan yang berada di desa, SKDP dikeluarkan oleh Kepala Desa dan ditandatangani oleh Camat.

Persyaratan membuat SKDP

Sebelum membuat SKDP, tentu ada beberapa hal yang harus Anda persiapkan sebagai persyaratan membuat SKDP, diantaranya :
• Kartu Tanda Penduduk (KTP) pemilik usaha, baik asli dan fotokopi
• Kartu Keluarga (KK) pemilik usaha, baik asli dan fotokopi
• Surat kepemilikan tanah, bila tempat usaha merupakan milik pribadi
• Surat bukti sewa tempat usaha, bila Anda menyewa tempat usaha tersebut
• Surat pengantar dari RT atau RW
• Surat kesediaan dari masyarakat sekitar atas berdirinya usaha / perusahaan tersebut
• Surat kuasa (perlu bila Anda merupakan pihak lain yang diberi kuasa oleh pemilik usaha)
• Dokumen lain yang mungkin diperlukan sebagai syarat

Prosedur pengurusan SKDP

Setelah Anda melengkapi semua persyaratan yang dibutuhkan untuk mengurus Surat Keterangan Domisili Perusahaan, maka prosedur yang perlu Anda lakukan adalah sebagai berikut :
• Meminta surat pengantar pembuatan SKDP dari RT atau RW dengan membawa berkas persyaratan
• Datang ke kantor Kelurahan / Kantor Kepala Desa dan mengisi formulir permohonan domisili perusahaan yang ditujukan kepada Kepala Satuan Pelaksana PTSP Kelurahan setempat
• Anda tinggal menunggu proses penerbitan SKDP. Waktu penerbitan sekitar 3-8 hari sejak berkas permohonan diterima oleh Kelurahan
• Pembuatan Surat Keterangan Domisili Perusahaan umumnya tidak dipungut biaya (gratis), tetapi seperti pengurusan surat lainnya, terkadang Anda dikenakan kewajiban untuk memberikan sumbangan dengan besaran yang bervariasi, tergantung kebijakan daerah masing – masing.

Kegunaan dari Surat Keterangan Domisili Perusahaan (SKDP)

SKDP merupakan salah satu elemen penting dalam fase awal pendirian perusahaan Anda. Surat Keterangan Domisili Perusahaan digunakan sebagai keterangan domisili perusahaan Anda. Selain itu SKDP juga digunakan untuk syarat mengurus pembuatan berbagai surat perizinan perusahaan lainnya seperti Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) Badan Usaha, dan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP). Untuk pengurusan surat izin perusahaan di atas, biasanya pemohon diminta melampirkan Surat Keterangan Domisili Perusahaan sebagai bukti perusahaan memang dijalankan di lokasi yang tertera dalam SKDP.

CategoryHukum, Jasa

© 2018 Legals.id

                

Hubungi Kami
web stats