Surat Izin Usaha

Saat Anda merencanakan untuk mendirikan suatu usaha, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan. Hal – hal tersebut adalah detail terkait usaha, mulai dari jenis usaha dan lokasi, hingga hal – hal penting mengenai surat izin usaha. Beberapa hal di bawah ini merupakan penjelasan mengenai surat izin usaha dan jenis – jenisnya :

Pengertian surat izin usahaSurat Izin Usaha

Surat izin usaha merupakan suatu identitas dari usaha Anda sehingga usaha yang Anda jalankan sah  atau dinyatakan legal karena mendapatkan lisensi dari instansi pemerintah yang berwenang. Di Indonesia, untuk mendirikan suatu usaha diatur di dalam Undang – Undang dalam bentuk Peraturan Daerah dan Peraturan dari Departemen Perdagangan dan instansi terkait lainnya. Bila pemilik usaha sudah memiliki surat izin usaha, hal ini akan menjadi jaminan keamanan Anda sebagai pelaku usaha dalam menjalankan usaha Anda.

Surat Izin Tempat Usaha (SITU) dan Izin Gangguan (HO)

Surat Izin Tempat Usaha adalah salah satu jenis surat izin usaha yang memiliki pengertian pemberian izin untuk tempat usaha kepada seseorang atau badan usaha tertentu yang tidak menimbulkan gangguan atau kerusakan pada lingkungan sekitar tempat usaha. Sedangkan Izin Gangguan (HO) adalah pemberian izin tempat usaha kepada badan usaha atau perusahaan di lokasi tertentu yang berpotensi menimbulkan gangguan hingga kerusakan lingkungan. Baik Surat Izin Tempat Usaha (SITU) ataupun Izin Gangguan (HO), dikeluarkan oleh Pemerintah Daerah tingkat II (Kabupaten / Kotamadya) dan izinnya harus diperpanjang setiap 5 tahun.

Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)

Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) adalah surat izin untuk dapat dijalankannya suatu kegiatan usaha perdagangan dan dapat melakukan kegiatan usaha perdagangan. Hal ini sesuai dengan peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia No. 36/M-DAG/PER/9/2007 yang mengatur tentang penertiban Surat Izin Usaha Perdagangan. SIUP dikeluarkan oleh instansi pemerintah melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan sesuai dengan tempat domisili perusahaan.

Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL)

Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) merupakan hasil kajian dari dampak penting dan besar dari suatu kegiatan usaha yang direncanakan terhadap lingkungan hidup. AMDAL digunakan untuk pertimbangan pengambilan keputusan mengenai penyelenggaraan kegiatan usaha di Indonesia. Dokumen AMDAL terdiri dari beberapa bagian diantaranya dokumen kerangka acuan analisis dampak lingkungan (KA-ANDAL), dokumen analisis dampak lingkungan (ANDAL), dokumen rencana pengelolaan lingkungan hidup (RKL), dan dokumen rencana pemantauan lingkungan hidup (RPL)

Izin Mendirikan Bangunan (IMB)

Izin Mendirikan Bangunan (IMB) adalah sebuah izin untuk mendirikan, memperbaiki, menambah, atau merenovasi suatu bangunan, termasuk izin kelayakan membangun bangunan. IMB  merupakan surat keterangan yang dikeluarkan oleh Pemerintah daerah melalui Dinas Pengawasan Pembangunan Kota (DPPK) yang memberikan surat izin usaha bahwa pembangunan tersebut tidak mengganggu masyarakat sekitar.

CategoryHukum, Jasa

© 2018 Legals.id

                

Hubungi Kami
web stats