SIUP online

Dalam menjalankan kegiatan usaha perdagangan, Surat Izin Usaha Perdagangan atau SIUP diperlukan untuk kepentingan legalisasi. Surat ini merupakan dokumen yang wajib dimiliki pemilik usaha perorangan maupun badan usaha di sektor perdagangan.

Walau Anda hanya menjalankan perniagaan regional skala kecil, SIUP tetap dibutuhkan supaya usaha Anda tidak terganjal banyak hal yang sebenarnya sepele. Apalagi untuk pedagang-pedagang besar yang produknya sudah malang melintang ke luar negeri. Berkas seperti SIUP pastinya akan ditagih untuk memastikan bisnis maupun produk Anda sudah mendapatkan izin penuh atau malah tergolong ilegal.

Setidaknya, ada tiga jenis SIUP yang harus Anda ketahui sebelum mengajukan dokumen berdasarkan nominal modal, antara lain:

  1. SIUP Besar untuk perusahaan yang memiliki modal di atas Rp500.000.000;
  2. SIUP Menengah untuk perusahaan yang memiliki modal dari kisaran Rp200.000.000 sampai Rp500.000.000;
  3. SIUP Kecil untuk perusahaan yang memiliki modal dengan kekayaan bersih pemilik sebesar atau di bawah Rp200.000.000.

Prosedur mendapatkan Surat Izin Usaha PerdaganganSIUP online

Pengurusan SIUP sebenarnya tidak jauh berbeda dengan surat lain. Anda dapat melakukannya di Kantor Dinas Perdagangan tingkat kotamadya atau kabupaten maupun Kantor Pelayanan Perizinan setempat seperti Kantor Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BP2T). Perhatikan juga jenis perusahaan atau bisnis yang Anda kelola, karena setiap badan usaha yang ingin mengajukan Surat Izin Usaha Perdagangan mempunyai masing-masing syarat dan ketentuan.

Berikut ini prosedur pembuatan SIUP yang akan Anda hadapi:

  1. Mengambil surat permohonan atau formulir pendaftaran yang tersedia di Kantor Dinas Perdagangan atau Kantor Pelayanan Perizinan setempat. Pengisian sebaiknya dilakukan langsung oleh pengelola perusahaan. Namun kalau Anda berhalangan hadir dan tidak punya banyak waktu, Anda bisa mewakilkannya pada seseorang yang sudah diberi kuasa;
  2. Dalam pengisian formulir, pastikan Anda mengisi semua informasi yang diperlukan dan bubuhkan tanda tangan (pastikan sama dengan KTP atau kartu identitas lainnya). Tanda tangan dibubuhkan di atas materai Rp6.000. Kemudian, buat salinan dengan memfotokopi formulir sebanyak dua rangkap yang digabungkan dengan dokumen persyaratan administrasi. Jangan lupa lampirkan surat kuasa kalau pengajuan dilakukan pihak ketiga;
  3. Ada tarif yang harus Anda bayar dalam proses pembuatan SIUP. Nominal yang dipasang berbeda-beda di setiap kotamadya maupun kabupaten, karena mengikuti Peraturan Daerah masing-masing. Jadi, tanyakan dulu agar Anda bisa membawa cukup uang;
  4. Jika formulir dan berkas yang Anda ajukan lengkap, SIUP akan diproses sekitar dua minggu. Nanti, Anda akan dihubungi petugas kantor untuk mengambil SIUP di kantor tempat Anda mengajukan surat tersebut. Periksa dulu SIUP yang Anda terima sebelum pergi dan fotokopi sebagai arsip.

Semoga informasi pembuatan Surat Izin Usaha Perdagangan ini membantu Anda!

CategoryHukum, Jasa

© 2018 Legals.id

                

Hubungi Kami
web stats