SKD

Bila Anda merencanakan untuk pindah tempat tinggal untuk tinggal sementara atau menetap di suatu daerah, Anda setidaknya harus mengurus Surat Keterangan Domisili (SKD) yang nantinya dapat membantu Anda mengurus segala keperluan pemindahan atau usaha dengan lebih mudah. Beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai Surat Keterangan Domisili antara lain :

Pengertian Surat Keterangan Domisili (SKD)SKD

Surat Keterangan Domisili (SKD) adalah sebuah keterangan tertulis yang menyatakan bahwa seseorang yang bersangkutan sedang tinggal sementara atau menetap di daerah tersebut. Hal ini sesuai dengan UU Adminduk Pasal 15 ayat (1) yang menyatakan perpindahan penduduk dalam wilayah NKRI wajib melapor kepada instansi daerah asal untuk mendapat surat keterangan pindah. Tidak ada sanksi bila Anda tidak memiliki surat domisili, tetapi bila Anda melakukan pengurusan izin, tentu akan terhambat jika Anda tidak memiliki Surat Keterangan Domisili.

Kegunaan Surat Domisili

Surat Keterangan Domisili (SKD) digunakan sebagai alat identitas, sebagai tanda pengenal Anda. fungsi lain dari SKD adalah untuk mempermudah urusan Anda, seperti bila Anda ingin mengurus surat kelahiran atau izin menikah. Kegunaan SKD selanjutnya adalah untuk membantu dalam mengurus pekerjaan di luar kota.

Yang berhak memberikan Surat Keterangan Domisili

Surat Keterangan Domisili (SKD) bisa dibuat dan dikeluarkan di kantor Kelurahan atau kantor Kecamatan. Hal ini tergantung dari kebijakan di tiap daerah yang mungkin berbeda – beda. Ada pula daerah yang memiliki kebijakan bahwa yang mengeluarkan SKD adalah RT / RW.

Syarat untuk membuat Surat Keterangan Domisili

Seperti halnya mengurus perizinan lainnya, mengurus Surat Keterangan Domisili memerlukan beberapa syarat yang harus Anda penuhi agar SKD Anda dapat diproses segera. Beberapa syarat untuk membuat Surat Keterangan Domisili antara lain :

  • Fotokopi KTP orang yang bersangkutan atau KTP pemilik / pendiri badan usaha
  • Fotokopi kartu keluarga
  • Surat pengantar atau surat keterangan dari RT / RW.

Tetapi perlu pula diperhatikan bahwa di beberapa daerah mungkin ada syarat tambahan lain untuk membuat Surat Keterangan Domisili.

CategoryHukum, Jasa

© 2018 Legals.id

                

Hubungi Kami
web stats