Akhir – akhir ini sering terjadi kejahatan bentuk kekayaan intelektual. Di Indonesia sendiri kejahatan pembajakan berupa menyalin dan mendistribusikan materi yang memiliki hak cipta seperti rekaman musik, perangkat lunak komputer, hingga film, diatur dalam Undang – Undang Hak Cipta. Di bawah ini merupakan beberapa ulasan mengenai hak cipta dan undang – undang yang mengaturnya di Indonesia:

Hak Cipta

Hak cipta adalah hak eksklusif yang diperoleh pencipta untuk mengumumkan atau memperbanyak ciptaannya, atau memberikan izin untuk itu tanpa melanggar batasan yang sudah diatur dalam perundang – undangan yang berlaku. Hak cipta di Indonesia mengenal konsep hak ekonomi untuk mendapatkan keuntungan ekonomi atas ciptaannya dan hak moral yang melekat pada pencipta yang tidak dapat dihilangkan dengan alasan apa pun.

Dasar penegakan hukum atas hak kekayaan intelektual

Dasar penegakan hukum yang mengatur mengenai hak cipta diantaranya : Undang – Undang Hak Cipta Nomor 28 Tahun 2014, Permenkumham Nomor 29 Tahun 2014, Kepmenkumham No. HKI.20-T.03.01-04 Tahun 2015, Kepmenkumham No, M.HH-01.HI.01.08 Tahun 2015, dan Kepmenkumham No. HKI.2.OT.03.01-01 Tahun 2016. Dengan berbagai dasar penegakan hukum terkait hak cipta ini cukup bagi kepolisian untuk menghukum bila ada pelanggaran atas kekayaan intelektual.

Batasan perlindungan hak cipta

Beberapa ciptaan yang dilindungi oleh UU hak cipta adalah ciptaan dalam bidang ilmu pengetahuan, seni, dan sastra. Beberapa contohnya antara lain : buku, program komputer, ceramah, kuliah, pidato, alat peraga, lagu atau music, drama, tari, koreografi, pewayangan, berbagai seni rupa, arsitektur fotografi, sinematografi, dan sebagainya.
Perbedaan Undang – Undang Hak Cipta lama dan baru
UU hak cipta lama adalah UU No. 19 Tahun 2002, yang kemudian disempurnakan dan diubah sesuai dengan keadaan terkini menjadi UU No. 28 Tahun 2014. Beberapa perbedaan UU hak cipta lama dan UU hak cipta baru antara lain :
• Perlindungan hak cipta dilakukan dengan waktu lebih panjang
• Perlindungan yang lebih baik terkait hak ekonomi
• Penyelesaian sengketa dengan lebih efektif yang telah tertuang jelas di Undang – Undang hak cipta terbaru.

CategoryHukum, Jasa

© 2018 Legals.id

                

Hubungi Kami
web stats