Paten merupakan hak eksklusif yang diberikan negara kepada inventor (penemu) atas hasil invensinya di bidang teknologi untuk melaksanakan sendiri invensinya atau memberi persetujuan kepada pihak lain sebagai pelaksana. Beberapa penjelasan lebih lanjut mengenai Undang – Undang yang mengatur hak paten di Indonesia antara lain:

Pengertian UU Paten

UU paten adalah Undang – Undang yang telah diatur pemerintah terkait hak paten yang merupakan hak yang diberikan kepada inventor atas hasil invensinya di bidang teknologi. Dengan adanya hak paten, penemuan inventor akan terlindungi dan terhindar dari plagiarisme yang merugikan. Selain itu adanya hak paten juga dapat menambah nilai ekonomis, di mana produk terapan yang telah memiliki hak paten dapat dijual ke luar negeri, karena beberapa negara besar seperti Amerika hanya menerima produk / barang yang memiliki hak paten.

Undang – Undang yang mengatur tentang hak paten

Di Indonesia, ada Undang – Undang yang mengatur tentang paten, yaitu Undang – Undang (UU) Nomor 13 Tahun 2016. UU Paten ini merupakan penyempurnaan dari Undang – Undang Paten sebelumnya, yaitu UU Nomor 14 Tahun 2001.

Dasar Penggantian Undang – Undang paten lama ke baru

Pada tahun 2016 dilakukan perubahan UU Paten, dengan tujuan menambah peraturan yang sebelumnya belum ada dan menyesuaikannya denga kondisi masyarakat terkini. Ada beberapa substansi UU Nomor 14 Tahun 2001 yang dianggap sudah tidak sesuai dengan perembangan hokum, baik nasional dan internasional, sehingga dibutuhkan perbaharuan, yaitu UU Nomor 13 Tahun 2016.
Perbedaan Undang – Undang Paten lama dan baru
Perbedaan UU Paten yang lama dan baru ada di beberapa poin, diantaranya :
Inventor
Pada UU paten lama, inventor hanya berlaku untuk perorangan dan beberapa orang saja, sedangkan pada UU paten baru inventor mencakup perorangan, beberapa orang, badan hukum hingga beberapa badan hukum.
Lingkup perlindungan paten
Pada UU paten baru, perlindungan paten mencakup paten dan paten sederhana
Permohonan paten
Pada UU paten yang baru, permohonan paten dapat diajukan secara elektronik maupun non elektronik (tertulis).

CategoryHukum, Jasa

© 2018 Legals.id

                

Hubungi Kami
web stats